Rabu, 21 Juli 2010

PULAU PULAU GILIS LOMBOK

Pulau Gili merupakan salah satu pulau terindah yang terletak di lepas barat laut Pulau Lombok, terdapat tiga Pulau Gili, yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Ketiga Pulau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan pantainya yang yang putih bersih dan airnya yang sangat jernih. Kawasan di sekitar tiga Pulau ini dikenal memiliki taman laut yang sangat indah yang menjadi habitat aneka ikan yang indah berwarna-warni

Kawasan Tiga Gili yang letaknya di Desa Gili Indah, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Barat-NTB. Gili merupakan pulau-pulau kecil nan indah yang banyak dijumpai di Lombok Barat. Dari sekian pulau yang ada di Lombok Barat, sampai saat ini baru tiga pulau (gili) yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, yakni Gili Terawangan yang berada di sebelah barat, Gili Meno di tengah, dan Gili Air di sebelah timur, ketiganya terletak sejajar.


Tempat indah ini sangat cocok untuk kegiatan wisata air khususnya menyelam atau snorkeling. Wisatawan yang senang menyelam atau Snorkeling harus berhati-hati dengan ikan karang (stonefish) di tempat ini - walaupun jarang ditemukan- karena ikan karang sangat beracun dan biasanya hidup di terumbu karang.

Popularitas kawasan Kepulauan Gili yang indah ini semakin meningkat belakangan sebagai kawasan tujuan Wisata -khususnya wisatawan manca negara. Turis asing menyukai tempat ini karena alamnya masih sangat alami; tidak ada kendaraan bermotor ditempat ini, lalu lintas yang ada di Pulau ini hanya cidomo (kereta kuda) atau terkadang sepeda. Di sini kita akan menemui pedagang asongan yang berlalu lalang namun tidak sebanyak di Senggigi atau di tempat lain di Pulau Lombok

Tiga pulau kecil ini berada di bagian utara Kabupaten Lombok Barat, sekitar 40 km arah utara kota Mataram, Ibukota Nusa Tenggara Barat. Untuk mencapai kawasan tersebut, dapat ditempuh melalui dua jalur alternatif yang sama-sama mempunyai kelebihan.


Pertama melalui Jalur Mataram - Hutan Pusuk - Pemenang. Kalau Anda melewati jalur ini, Anda akan menemukan Hutan Pusuk, salah satu kawasan hutan lindung yang sejuk dan indah dengan jalannya yang berliku-liku. Di sepanjang pinggir jalan, akan Anda jumpai ratusan kerajinak bersahabat yang senantiasa menanti lemparan makanan dari para wisatawan yang lewat. Bila kita menghadap ke arah barat, maka akan tampaklah ketiga pulau indah yang akan kita tuju.


Jalur kedua yaitu Mataram - Senggigi - Pemenang. Jalur ini tak kalah indahnya dengan jalur pertama tadi, karena selain melewati Senggigi yang merupakan kawasan pariwisata andalan NTB, juga akan Anda lewati kawasan pinggiran pantai berpasir putih yang masih perawan sejauh belasan kilometer.
Dari sini pun akan lebih jelas lagi keindahan tiga gili tersebut.

Sesampainya di Desa Pemenang, tepatnya di Pelabuhan Bangsal, maka para wisatawan yang hendak ke tiga gili dapat menumpang boat-boat yang ada. Lama perjalanan menuju pulau-pulau kecil tersebut hanya sekitar 20 menit saja. Para wisatawan, baik wisman maupun domestik yang datang ke tiga gili ini, tidak hanya bisa menikmati panorama pantai dengan pasir putihnya semata. Namun lebih dari itu mereka juga bisa menyaksikan langsung keindahan taman laut yang ada di bawahnya


Di taman laut ketiga gili inilah dapat kita temukan berbagai jenis ikan hias yang cantik-cantik berbagai jenis ikan hias yang cantik-cantik serta biota laut lainnya, termasuk karang biru nan indah yang konon di dunia ini hanya ditemukan di dua tempat yaitu di Karibia dan di Ketiga Gili ini, Gili Terawangan, Gili Meno dan Gili Air. Di samping itu, di tempat ini juga para wisatawan dapat memancing ikan Baronang atau ikan Sadar yang rasa dagingnya sangat lezat dan empuk.

Penginapan di Pulau Gili yang merupakan salah satu pulau terindah pada umumnya berupa Bungalow yang berada di atas tiang (semacam rumah panggung) dengan atap daun dilengkapi dengan teras di bagian depan dan kamar mandi di bagian belakang. Penginapan ini memiliki dua atau tiga kamar yang dilengkapi dengan kelambu anti nyamuk. Tarif penginapan pada saat sepi kunjungan wisatawan (low season) biasanya hanya sepertiga dibandingkan saat ramai (high season).


Selain itu, yang tak kalah menariknya ialah bahwa dari tempat ini kita juga bisa menyaksikan matahari terbit dari balik Gunung Rinjani, begitu pula saat teng gelamnya, kita bisa menyaksikan keindahaan merahnya rona alam di ufuk barat dari balik Gunung Agung Bali yang menjulang dengan gagahnya.


Sumber: http://www.lombok-giliislands.com/pulau-pulau-gilis.htm

0 komentar:

Poskan Komentar