Senin, 19 Mei 2014

Pasar Apung yang Terapung di Muara Kuin

Pasar di darat? Ah udah biasa, pasar di air baru luar biasa. Pasar Terapung Muara Kuin, pasar tradisional yang berada di atas sungai Barito di sekitaran muara sungai Kuin Kalimantan Selatan, segala kegiatan jual beli di pasar Terapung ini dilakukan di atas perahu atau yang biasa disebut orang-orang Banjar sebagai  jukung. Akses menuju pasar Terapung dari pusat Kota Banjarmasin akan memerlukan waktu sekitar 45 menit bila menggunakan perahu Klotok. Atau bisa juga menggunakan angkutan darat dengan menempuh rute Kota Banjarmasin menuju Desa Alalak kemudian dari sana kita bisa menyewa klotok dengan tarif sekitar Rp. 70.000 untuk menuju Pasar Apung Muara Kuin.


(sumber foto: logviva.co.id)

Kegiatan di pasar ini dimulai sejak subuh hingga kira-kira jam 10 pagi saat matahari sudah mulai terik. Selain letaknya yang tidak biasa sistem pasarnya pun berbeda dengan pasar-pasar di darat, penjual dan pembeli tidak pernah menetap diam karena mereka akan bergerak kesana kemari dari atas perahu dan tergantung pula dengan arus air sungai yang membawanya.

 
(sumber foto: pesonaindahindonesia.blogspot.com)

Jika kita berada ditengah-tengah mereka kita bisa melihat panoramanya seolah kita sedang berpariwisata, penjual dan pembeli di pasar terapung juga tidak menentu, tidak ada catatan berapa jumlah mereka dan barang-barang yang diperdagangkanpun banyak macamnya, ada sayur-mayur dan buah-buahan hasil perkebunan para pedagang, lauk pauk berupa ikan-ikanan, sampai segala kebutuhan rumah tangga dan sarapan tersedia disana.


Jadi selain untuk tempat jual beli pasar Terapung juga diakui sebagai objek wisata di atas daerah “seribu sungai”. Ternyata saat kita melihat pasar Terapung ini rasa hati ingin pergi ke Venesia yang terletak di Timur dunia itu sedikit terobati, ditambah masih banyak rumah-rumah lanting yang merupakan rumah tradisional di atas air yang sering kali terombang ambing oleh gelombang air sungai.



(sumber foto: www.maitreyavoice.com)


Satu lagi tempat elok untuk berkunjung dari Indonesia yang menggiurkan untuk disinggahi, ya pasar Terapung Muara Kuin yang telah ada sejak 400 tahun lalu. Mari sempatkan diri ke sini. 


-------


Ditulis oleh :



Rizqi rosmalawati, mahasiswa Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik (IISIP) Jakarta - advertising 2011. Masih menjadi reporter di Bulletin BERISIK (Berita Seputar Musik) dan suka jalan-jalan tapi sulit menghapal nama jalan.

twitter : @krosmala

2 komentar:

  1. slamat sore salam kenal ;)
    wah pasarny mnarik skli... jadi pgin ksitu mnikmati indahnya pasar apung Muara Kuin ;)
    oiya btw mau tanya ni, agan ada info ttg jual rumah brebes yg desain rumahny klasik modern n mutu bangunanny berkualitas serta hargany terjangkau itu dmna ya ? soalny tmen ane lgi nyari ni
    dtunggu infonya ya gan mkasih
    salam sukses ;)

    BalasHapus