Selasa, 10 Januari 2012

Berburu Kuliner Sate Kere di Pujangga (Pusat Jajanan Gading)

Kebanyakan para wisatawan yang berkunjung ke Solo, hanya mengenal area kuliner malam yang terletak di seputaran Gladak atau sering disebut Galabo. Padahal di dekat Alun-Alun Selatan Kraton Kasunanan Surakarta terdapat sebuah kawasan kuliner yang memiliki konsep yang mirip dengan Galabo yaitu Pujangga.

Pujangga atau Pusat Jajanan Gading terletak di dekat Alun-Alun Selatan Kraton Kasunanan Surakarta. Area kuliner ini terkonsep berbaris rapi di pinggir jalan, sedikit berbeda dengan Galabo yang menutup badan jalan. Meja bertenda berjajar rapi memanjang seperti yang kita lihat di Galabo.


Area Pusat Jajanan Gading masih terlihat sepi, mungkin masih kurangnya promosi untuk mengangkat area ini menjadi wisata kuliner alternatif di malam hari.



Kami tertarik untuk mencoba makanan disebuah warung yang terletak dibagian paling ujung. Warung Sate Kere namanya dan kami mencoba beberapa jenis sate yang ditawarkan oleh warung tersebut. Ada sate daging murni, daging bercampur lemak, sate ayam, dan sate jerohan sapi.


Seporsi sate kere terhidang di meja, akhirnya kami menyantap sate kere sampai habis. Rasanya cukup enak dan unik daripada sate sapi kebanyakan. Sate Suruh yang pernah kami coba di Salatiga juga enak, namun Sate Kere ini menampilkan bumbu dan rasa yang berbeda dan unik.
Mengenai harga juga terbilang cukup murah, lebih murah daripada makanan yang dijual diGalabo yang sekarang tidak seramai jaman pertama kali dibuka dahulu. Seporsi Sate Kere, dua porsi lontong, dan segelas jeruk hangat hanya sekitar sepuluh ribu rupiah. Selamat mencoba di area kuliner Pusat Jajanan Gading.

== Lokasi
Perempatan Gading, Surakarta

3 komentar: