Senin, 19 Mei 2014

Kuliner Khas Indonesia


Ternyata selain kebudayaan dan kekayaan alam yang melimpah, Indonesia juga khas dengan kulinernya loh. Saat kita sedang nyasar disuatu daerah tak akan terlewakan dengan yang namanya makan. Otomatis pastinya kita akan mencicipi kuliner khas daerah tersebut kan? Siapa sih yang ga suka dengan kuliner? Saya ada beberapa rekomen kuliner khas saat berkunjung ke suatu daerah di Indonesia nih.



1. Sego Tempong, Banyuwangi, Jawa Timur


Nasi yang disertai dengan sambal yang khas, karena sambalnya diracik secara khusus mulai dari tomat hingga sampal terasi. Sego tempong pada umumnya dapat disantap disertai dengan lauk seperti ikan laut goreng, ayam goreng, empal, tahu ataupun tempe. Ciri khas dari sego tempong ini adalah bau kencur yang sangat terasa dari sambalnya. Cocok banget nih untuk Anda yang menyukai kuliner pedas. 


2. Bakso Malang, Malang, Jawa Timur







Berbagai jenis bakso pastinya sudah banyak kita kenal, tapi bakso yang sering dinikmati biasanya tak jauh-jauh dari bakso malang, bener gak tuh? Bakso malang mempunyai ciri khas tersendiri dalam penyajiannya karena disertai dengan beberapa tambahan seperti bakso tahu dan juga pangsit. Kuahnya pun juga memiliki rasa yang khas.


3. Nasi Liwet Mbok Giyem, Solo, Jawa Tengah






Nasi Liwet ini biasanya dilengkapi dengan lauk berupa sayur labu siam, daging ayam suwir yang dimasak opor, telur pindang / telur kukus, dan disiram dengan areh (sari santan kental). Nasi liwet terasa makin gurih dan sedap karena menggunakan areh dan disajikan dengan pincuk.


4. Gangan Ikan Kepala Ketarap, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung









Masakan yang berupa sayur yang menggunakan kunyit sebagai bumbu utamanya, yang kemudian diolah bersama nanas muda dan kepala ikan. Gangan memiliki rasa segar, asam, gurih dan pedas yang menggigit yang akan menambah selera makan Anda!


5. Mie Belitung Atep, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung









Bagi Anda penyuka kuliner mie, jangan khawatir apabila nyasar ke Belitung, karena disini terdapat mie dengan rasa khas yang tidak dapat ditemukan di kota lain. Yap! Mie Belitung. Mie ini adalah mie kuning yang disiram dengan kuah udang dan ditaburi dengan bakwan udang, irisan timun, potongan kentang rebus, udang rebus, emping melinjo dan taoge. Penasaran untuk mencicipinya?

6. Palu Basa Jalan Serigala, Makassar, Sulawesi Selatan









Palu Basa Jalan Serigala? Terbuat dari daging serigala? Eits jangan khawatir dulu ternyata itu hanya namanya saja Ndan. Kuliner ini bahan baku umumnya adalah daging kerbau. 
Pada umumnya Anda-Anda sekalian lebih sering menyukai kuliner daging sapi dibandingkan dengan kerbau. Tapi kuliner ini gak kalah enak dan lezatnya dari kuliner yang terbuat dari daging sapi. This is it, Palu Basa Jalan Serigala.

Komposisi dari Palu Basa Jalan Serigala adalah terdiri dari potongan daging kerbau disertai dengan kuah yang terbuat dari rempah-rempah. Jika Anda-Anda sekalian penyuka telur, pada kuliner ini juga bisa disertai dengan alas alias telur mentah. Tapi jangan merasa jijik dulu, karena kuning telur mentah ini nantinya disiram dengan kuah pallu basa yang panas dan akan menjadi setengah matang.


Penasaran dan tergiur untuk mencicipinya?




-----

Ditulis oleh:

Hana Irtiyah Arviani 
Mahasiswi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Advertising 2011. Part of Frame of Photography & Golden Kickers Taekwondo Club.

Twitter: @hanarviani

1 komentar:

  1. Wah keren sekali tulisannya, aku suka. Kamu hobi baca buku? Butuh rekomendasi novel menarik.

    Baca dulu ulasan dari MantuIdaman Blog berikut

    - Alias Harga Untuk Sebuah Kematian
    - Antologi Fiksi Suker
    - Kau Begitu Sempurna
    - Novel MR Innocent

    Salam hangat, dari
    Latifah

    BalasHapus