Selasa, 10 Agustus 2010

Orang Minang Diami Pulau Simeulue Sejak Ratusan Tahun Lalu


Oleh: Muhammad Subhan


Falsafah Minang tentang keharusan merantau jika belum berguna di kampung halaman agaknya menjadi motivasi orang minang mengadu untung di negeri orang. Bisa disebut, tak sejengkal tanah pun di nusantara yang tak dijejaki orang minang. Bahkan ada guyon, kalaulah di bulan ada kehidupan di sana orang minang pun akan suka merantau.

Apa istimewanya sebuah pulau terpencil di wilayah Barat Nanggroe Aceh Darussalam bagi orang minang yang datang kesana mengadu nasib? Pulau kecil dan terpencil dan jauh dari daratan itu adalah Pulau Simeulue yang baru 10 tahun menjadi kabupaten definitif. Siapa sangka pula kalau orang minang yang mendiami pulau ini sekarang berjumlah sekitar 640 Kepala Keluarga (KK) atau lebih kurang 3000-an jiwa?

Menurut salah seorang pendiri Ikatan Keluarga Minang Simeulue (IKMS), Bagindo Sutan Mul Rivaz Koto (43 tahun), orang minang mendiami Pulau Simeulue sudah ada sejak ratusan tahun lalu, bahkan sebelum Belanda datang menjajah nusantara. Sejarah orang minang merantau ke Simeulue, ceritanya dari sumber yang dapat dipercaya, mulanya dari ekspedisi balatentara Kerajaan Pagaruyung yang melakukan pelayaran ke pulau itu. Salah seorang yang cukup disegani bernama Inyiak Tuo.

“Ada hubungan bilateral antara Kerajaan Aceh dan Kerajaan Pagaruyung di masa itu. Bahkan Sultan Aceh Iskandar Muda meminta seorang ulama asal Ulakan Padang Pariaman untuk menyebarkan agama Islam di Simeulue. Ulama itu kemudian di Simeulue dikenal sebagai nama Syekh Teungku Diujung,” ujar putra asal lereng Gunung Merapi, Canduang, Kecamatan IV Angkek, Kabupaten Agam ini.

Syekh Teungku Diujung tentu cukup dihormati. Murid Syekh Burhanuddin Ulakan ini menyebarkan agama Islam ke seluruh wilayah Pulau Simeulue hingga pulau-pulau kecil di sekitarnya. Banyak penduduk Simeulue yang fanatik akan kesantunan dan ketinggian ilmu agamanya. Banyak pula murid-murid yang menuntut ilmu kepadanya.

“Bahkan sampai sekarang, makam Syekh Teungku Diujung di Kampung Air Simeulue selalu ramai diziarahi oleh banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah,” kata Mul Rivaz yang saat ini mengabdi sebagai anggota kepolisian di Polres Simeulue sejak 4 tahun lalu.

Dia menyebutkan, organisasi IKMS merupakan organisasi minang yang baru dibentuk di Simeulue. IKMS berdiri pada bulan Juli 2009 lalu dan sekarang diketuai oleh Edi Tanjung, S.E., dengan masa jabatan 2009-2011. Sebelumnya memang ada organisasi minang di Simeulue, namanya Minang Serantau. Tapi beberapa masa sempat vakum.

“Untuk menggalang silaturahim sesama urang awak maka kami bersepakat mendirikan IKMS sebagai wadah utama membangun persatuan sesama perantau,” ujar Mul Rivaz yang telah merantau ke Aceh selama 22 tahun.

Dari jumlah 640 KK orang minang yang terdata di IKMS, jelasnya, sebagian besar didominasi orang minang asal Kabupaten Padang Pariaman dan Tiku Kabupaten Agam. Dari jumlah KK itu, mereka tersebar di beberapa kecamatan di Simeulue, di antaranya di Kecamatan Simeulue Timur (250 KK), Kecamatan Simeulue Tengah (150 KK), Kecamatan Simeulue Barat (20 KK), Kecamatan Teupah Selatan (15 KK), Kecamatan Teluk Dalam (10 KK), Kecamatan Salang (18 KK) dan Kecamatan Alafan (8 KK).

“Lumrahnya orang minang yang merantau ke daerah lain, orang minang di Simeulue juga berniaga, mulai dari berdagang kain, membuka warung makan, hingga pekerjaan swasta lainnya,” jelas Mul Rivaz.

Mengapa orang Minang senang tinggal di Simeulue ternyata tidak lepas dari adat dan budaya Simeulue. Ada kemiripan bahasa Simeulue dan bahasa minang. Di daerah ini sebagian masyarakatnya juga berbahasa minang yang kemudian dikenal sebagai bahasa Jamee (baca: bahasa tamu). Bahasa Jamee merupakan salah satu bahasa yang dimiliki salah satu suku di Aceh yang merupakan percampuran darah Minang-Aceh setelah proses perkawinan.

Bisa dikatakan orang minang di Simeulue cukup erat rasa persatuan dan kesatuan mereka. Meski IKMS baru terbentuk dan seumur jagung, berbagai kegiatan telah dilakukan, khususnya kegiatan-kegiatan sosial seperti penyelenggaraan kematian, olahraga, bazaar murah, dan juga melakukan dakwah di desa-desa terpencil. Bahkan mendukung program Pemda Simeulue saat ini IKMS sedang bekerja keras mempromosikan serta mengelola Danau Mutiara di Kecamatan Teluk Dalam dengan harapan bisa menjadi salah satu objek wisata andalan di Simeuleu.

“Walau kami sebagai perantau di sini, kami merasa Simeulue sudah menjadi kampung halaman kami sendiri,” ujarnya.

Begitupun, sebagai wujud perhatian warga perantau di Simeulue terhadap Sumatera Barat yang mengalami musibah gempa bumi pada 30 September 2009 lalu, seluruh warga minang Simeulue menggalang dana hingga berhasil mengumpulkan bantuan sebesar Rp20 juta. Dana sumbangan itu dikumpulkan secara spontan dengan melakukan berbagai kegiatan amal.

“Ketika mendengar Ranah Minang dilanda gempa hingga banyak menimbulkan korban jiwa, kami di Simeulue merasa turut berduka. Kami mendoakan semoga arwah para korban mendapat tempat yang mulia di sisiNYa,” ujar Mul Rivaz.

Untuk itu, mewakili pengurus IKMS lainnya dia berpesan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk bangkit kembali menata kehidupan masyarakat. Khususnya mengenai bantuan gempa dia harapkan benar-benar merata dan tidak disalahgunakan.

“Kepada para korban gempa kami doakan semoga dapat bersabar dan kuat menghadapi ujian ini. Bangkitlah kembali untuk menata masa depan Ranah Minang yang lebih baik,” harapnya. []

Foto:
DIKELOLA ORANG MINANG – Danau Mutiara di Kecamatan Teluk Dalam Simeulue, Aceh, ini dikelola oleh Ikatan Keluarga Minang Simeulue (IKMS) dengan harapan bisa menjadi salah satu objek wisata andalan di Pulau itu.



Sumber: http://penamuhammadsubhan.blogspot.com/2010/02/orang-minang-diami-pulau-simeulue-sejak.html

0 komentar:

Posting Komentar